Gili Trawangan (Backpacker Semarang - Gili Trawangan)

Sedikit Ulasan tentang Gili Trawangan
Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai "Tîr na Nôg" mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.
Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.
Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.
Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini! Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.
Di Gili Trawangan juga kita dapat melihat kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan disekitar pasar seni Gili Trawangan. Kegiatan paling favorit dari para wisatawan di Gili ini yaitu Scuba Diving, Snorkeling, bermain kayak, dan berselancar.
Sumber :Wikipedia

2011 Saya bersama 2 orang teman saya melakukan trip ke Gili trawangan. Dari kota semarang dengan cara ngeteng biar irit dikit.
Jam 3 subuh saya dan kedua teman saya menuju daerah banyumanik semarang dimana tempat ini biasa nya banyak bis2 malam yang menuju ke solo. kenapa ke solo? karena saya dan teman saya memang sengaja berangkat dari solo menggunakan kereta api sri tanjung dengan tujuan ke banyuwangi baru.
perjalanan jauh dan melelahkan terbayar ketika sampai di banyuwangi, saya dan kedua teman saya hanya perlu berjalan kaki kira2 200 meter untuk sampai di pelabuhan ketapang. kemudian saya membeli tiket penyebrangan dengan harga 30rb/orang nya untuk sampai ke gilimanuk.
kalau tidak salah sekitar jam 11 malam kapal yang kami naiki sampai di gilimanuk, dan kami pun melanjutkan perjalanan kembali dengan berjalan kaki le luar kawasan pelabuhan. menuju terminal. di terminal ini sudah ada bis yang menunggu dengan tujuan ke pelabuhan padang bai. segera saya dan teman saya naik, harga nya pun tidam begitu mahal, 50rb/orang. sekitar jam 7 pagi bis yang saya naiki sampai di padang bai, lalu saya dan kedua teman saya bergegas untuk membeli tiket penyebrangan dari padang bai menuju pelabuhan lembar. harga tiketnya pun relatif murah hanya 35rb.
sekitar jam 12 kami sampai di lembar, perjuangan belum selesai. saya dan kedua teman saya harus berjalan kaki lagi menuju luar pelabuhan. perut mulai lapar dan pas di depan pintu keluar ada warung makan, langsung samper dan makan. harganya cukup murah, dan kebetulan juga di warung tersebut ada seorang bapak bapak yanh ramah menanyakam tujuan kami dan menawarkan jasa transport, tawar menawar pun terjadi. alhasil harga 50rb / org untuk sampai ke pelabuhan bangsal. oke deal. sekita jam 2 kita berangkat kebangsal, dan jam set 6 sore baru sampai di bangsal. untuk masih ada kapal menuju ke gili dari bangsal dan itu pun kapal terakhir. segera kita naik, tetapi pemilik kapal meminta tarif 15rb perorang krn kapal terakhir, dimana biasanya hanya 10rb. yasudahlah gapapa cuma 5rb.
jam 6 lewat sedikit sampai lah saya dan kedua teman saya di gilo trawangan.
kelanjutan nya ada di blog selanjutnya ya 😉